Jenis Obat Yang tidak Membatalkan Puasa

0
57

Bismillah
Kadang suka bingung dengan beberapa obat yang tidak di minum secara oral, apakah bisa membatalkan puasa atau boleh tetap digunakan berdasarkan rekomendasi Departemen Kesehatan RI.
Namun untuk obat tetes telinga dan tetes hidung ada dua pendapat dari ulama bisa membatalkan atau tidak batal puasanya, kedua obat tersebut bisa membatalkan puasa jika tetes obat mencapai rongga kerongkongan, jika tidak mencapai kerongkongan maka tidak membatalkan puasa.
Obat yang tidak membatalkan puasa sebagai berikut

1. Obat yang diserap melalui kulit atau obat oles

Jenis obat yang pemakaiannya diserap melalui kulit seperti krim, salep, gel, dan plester.

2. Obat yang ditempatkan di bawah lidah

Obat obat yang ditempatkan di bawah lidah juga tidak membatlkan puasa. Obat obat seperti nitrogliserin untuk penderita angin duduk harus ditempatkan di bawah lidah.

3. Obat suntik

Obat suntik juga tidak membatalkan puasa. Walaupun disuntikkan ke dalam tubuh bagian bawah lewat kulit, otot, ataupun pembuluh darah, hal ini tidak akan membatalkan puasa. Asalkan yang disuntikkan bukan nutrisi makanan yang dimasukkan ke dalam infus intravena, maka puasa tidak akan batal.

4. Obat tetes mata

Obat tetes banyak mengasumsikan bisa membatalkan puasa. Padahal obat tetes yang digunakan untuk mata, ternyata tidak membatalkan puasa.

5. Obat kumur

Obat kumur mungkin menjadi obat yang paling membingungkan orang orang apakah membatalkan puasa atau tidak. Faktanya, obat kumur tidak akan membatalkan puasa bila air kumur tersebut tidak ditelan.

6. Obat inhaler

Inhaler biasanya digunakan oleh penderita asma, atau bisa juga digunakan orang yang sedang mengalami hidung tersumbat karena lender yang menghambat pada saluran pernapasan.

7. Penggunaan oksigen atau anestesi

Penggunaan oksigen atau anestesi pada pasien yang mengalami gangguan pernapasan juga tidak membatalkan puasa.

8. Suppositoria

Suppositoria adalah obat yang dimasukkan ke dalam rectum atau anus.

Semoga Bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here