Apakah Alkohol (khamr) akan habis menguap jika dimasak?

0
93
Bismillah
Kadang kita berpikir bahwa makanan yang ditambahkan khmar seperti wine, soju, mirin saat dimasak dengan tujuan supaya rasa makanan menjadi lebih sedap, kandungan alkoholnya akan menguap dan hilang sama sekali, sehingga makanan tersebut bisa dimakan bagi umat Muslim.
Namun ternyata alkohol walaupun memiliki titik didih 78 derajat celcius tidak semuanya menguap saat dipanaskan. Proses menguap dan jumlah penguapan sangat tergantung pada waktu, suhu dan luas permukaan saat dimasak.

Ada beberapa jenis makanan yang saat dimasak ditambahkan minuman yang mengandung alkohol (khmar) untuk menambah cita rasa sehingga makin sedap.

Beberapa orang berpendapat bahwa alkohol tersebut akan menguap sehingga tidak ada lagi kandungan alkoholnya sehingga umat Muslim dapat mengkonsumsi makanan tersebut.

Namun memanaskan alkohol tidak membuat alkohol menguap cepat. Walaupun semakin lama memasak, semakin banyak alkohol yang keluar (menguap) , tetapi harus memasak makanan selama sekitar 3 jam untuk sepenuhnya menghapus semua jejak alkohol.

Sebuah studi dari laboratorium Data Nutrisi Departemen Pertanian AS mengkonfirmasi hal ini dan menambahkan bahwa makanan yang dipanggang atau direbus dalam alkohol selama 15 menit masih mempertahankan 40 persen alkohol. Setelah satu jam memasak, 25 persen alkoholnya tetap ada, dan bahkan setelah dua setengah jam masih ada 5 persennya.

Data Alkohol yang tertinggal saat dimasak (Price,2017)

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here