Titik Kritis Halal Vanilla

0
781

Bismillah
Bagi yang suka baking dan bikin dessert, penggunaan vanilla sangat sering, dan ternyata vanilla ada macam macam bentuknya. Jadi vanilla mana yang sesuai dengan kita?
Vanili adalah spices yang berasal dari golongan anggrek dari genus Vanilla, terutama diperoleh dari polong-polongan species Mexican, vanili berdaun datar (V. planifolia). Kata vanilla, berasal dari vainilla, kata Spanyol vaina (vaina itu sendiri berarti selubung atau buah), diterjemahkan secara sederhana sebagai “buah kecil”.
Vanili ini berwarna hitam, berbentuk batang kecil. Sebelum dipakai, sayat memanjang batang vanili dan keruk biji vanili yang berwarna hitam kecil. Inilah yang membuat aroma harum vanili. Tetapi batangnya jangan buru-buru dibuang bisa tetap dipakai karena aromanya sangat harum juga.
Macam Macam Vanila

1/ Batang Vanili

Biasa juga disebut vanilla pod. Batang berwarna hitam ini sebenarnya adalah buah tanaman vanili yang dikeringkan. Biasa digunakan dengan cara mengambil biji-biji kecil di dalamnya.

2/ Ekstrak Vanili

Dari vanili kering yang direndam air dan alkohol. Termasuk paling banyak digunakan dan lebih disukai karena dapat meningkatkan rasa dan aroma pada makanan secara maksimal.

3/ Pasta Vanili

Walau bernama pasta, tekstur pasta vanili tidak seperti layaknya pasta gigi. Tapi, cenderung lebih cair seperti lem. Ini adalah campuran ekstrak vanili dan biji vanili.

4/ Esens Vanili

Disebut artificial vanilla extract. Produk dari senyawa kimia, hanya memberikan aroma, tapi tak memiliki cita rasa. Jika terlalu banyak menggunakannya, makanan akan terasa pahit. Dapat dibeli di toko bahan kue dalam bentuk cair berwarna bening.

5/ Bubuk Vanili

Sama seperti esens, bubuk vanili merupakan produk sintetis. Karakternya sama dengan esens vanili, hanya memberikan aroma dan alam terasa pahit jika terlalu banyak menggunakannya

Dari macam macam vanilla di slide sebelumnya, maka yang menjadi titik kritis saat memilih vanilla untuk memasak atau baking adalah ekstrak vanilla (vanilla extract) dan pasta vanilla.

Ekstrak Vanila dibuat dengan menggunakan vodka / Bourbon / Rum / Brandy dengan kandungan alkohol 35% lalu dicampur dengan buah vanili dan air lalu didiamkan beberapa minggu sehingga terbentuk ekstrak vanilla.

Proses produksi ekstrak vanili umumnya lebih sedikit diproses dan memiliki rasa vanila yang lebih kuat dan lebih murni.

Esens vanila adalah produk olahan yang dibuat menggunakan perasa dan pewarna buatan. Di pasaran ada juga Vanilla Essence, dibuat dengan cara yang hampir sama dengan vanilla extract, ada juga yang tidak menggunakan alcohol, tetapi lebih banyak campuran bahan kimia. Oleh karena itu, baca label produk dengan baik sebelum membeli.

Bubuk Vanilla merupakan biji vanilla yang dihaluskan dan dikeringkan, sehingga warna bubuknya hitam. Tetapi banyak vanilla powder dari bahan kimia berwarna putih yang beredar di pasaran. Dikenal dengan sebutan Vanilli Powder, dibuat dari sedikit senyawa vanilla yang diproses secara kimia untuk diambil aromanya. Sehingga warnanya putih dan rasanya pahit, tetapi ada juga vanilli powder yang ditambah gula untuk dibubuhkan dalam minuman.

Semoga Bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here